Pages

Kamis, 30 September 2010

Kenapa anak IPS selalu dianggap tidak lebih pintar dari anak IPA?

Nih, aku mau cerita kan aku baru naik kelas 11 trus aku masuk jurusan IPS (Ilmu pengetahuan Sosial) karena emang aku pengen dan nilai juga amat mencukupi. Bukannya senang atau kasih selamat, sebagian besar keluargaku malah menyesalkan "kenapa ngga masuk IPA?" semua bilang begitu.

Bukannya masuk jurusan sesuai dengan minat dan kemampuan???

Terus kalo emang unggulnya di IPS kenapa harus pada menyesalkan kalau aku kenyataannya masuk IPS?

Maaf aku agak kesel juga nih hahaha

Ni aku setelah tanya kesana kemari ke temen maupun ke kaskuser akhirnya dapet jawaban ini, silahkan disimak

jadi gini loh mas,gw kasi tau yah...

anggapan bahwa IPA lebih hebat dari IPS tu sebenernya dibuat sama penjajah belanda dari dulu,yah semacam doktrin gitu lah

kenapa mereka bikin doktrin gitu?soalnya dengan banyaknya orang yg berusaha jadi hebat di bidang IPA,otomatis yang jago di bidang IPS jadi lebih sedikit

kalo orang yang jago di bidang IPS lebih sedikit,otomatis jumlah orang yg menguasai bidang2 kayak ilmu2 politik,sosial,kenegaraan,dll juga jadi ga banyak jumlahnya. ini dilakukan untuk menghindari perlawanan dari kaum pribumi,jumlah orang yg ngerti politik kenegaraan dibuat sesedikit mungkin biar mereka ga bisa ngusir yg namanya penjajah...cukup logis bukan?

karena untuk melakukan perlawanan itu kan butuh ilmu2 politik kenegaraan segala macem biar berhasil,iya kan?
nah masalahnya doktrin kaya gitu ampe sekarang masi bertahan,efeknya ya orang2 yg ada di panggung politik kita sekarang ga terlalu peduli ama keadaan negara...jadinya secara ga langsung malah bikin banyak korupsi,anggota DPR tidur di ruang sidang,dll.

gitu loh mas...

Cara pandang yang tidak etis!!!

*catetan: Disini gw lebih condong atau mengibaratkan sebagaian besar lulusan dr IPS itu orang2 yg bakal ngambil jurusan ekonomi di universitas yak..


Jurusan IPA itu akan mencetak mereka yg akan menciptakan sesuatu, sesuatu yang baru, misal teknologi...

sedangkan IPS (yang kebanyakan bakal masuk jurusan ekonomi) adalah mereka yang ngejual hasil ciptaan orang IPA, dan lebih dari itu, sebagian orang IPS yg masuk ekoomi bakal memerlukan orang IPS lain dari jurusan lain...

contoh biar jelas:
1. Scientist (jur. IPA) nemuin alat baru
2. Mereka memerlukan seorang marketer buat ngejual temuan mereka (jur. IPS=>ekonomi)
3. Marketer perlu tau tentang psikologi konsumen dll yg didapetin dr jurusan psikologi (jur. IPS/IPA) buat nentuin target market, strategic marketing, dll
4. Setelah itu semua rencana udh ada, tinggal ngelola duit, perlu orang ekonomi lg (jur. IPS/IPA) yaitu para pakar manj. keuangan.
5. Trs mereka bakal perlu menata pembukuan biar jelas ga ada kebohongan di budgeting, dll. maka mereka perlu orang akuntansi (jur. IPS/IPA)
6. Barulah semuanya berjalan.

konklusi dari semuanya, IPA dan IPS itu punya hubungan simbiosis mutualisme, kalo cm ada orang IPA yg dasarnya cm ngitung eksakta ga didukung sm orang2 yg belajar tentang ilmu sosial ga bakal bisa orang IPA berhasil, dan vice versa.

cm kelebihannya emang jurusan IPA bs masuk ke semua jurusan di univeritas dan akademika, tp orang IPS ga bisa masuk ke semua jurusan universitas dan akademika, misal org IPA bs msk ke Angkatan udara buat jd pilot, tp orang IPS ga bs.

Dan yg paling ngenes dan menunjukkan jurusan IPS itu sebenernya lebih kuat, gw pernah ikut ngelamar buat jd ODP suatu bank nasional, gw celingak-celinguk ngintipin ijazah org2 laen, banyak dr mereka yg tertera di Ijazahnya "Sarjana Sain" WTF!!! "lo kan dasarnya bkn ekonomi/ pernah ditanemin dan diajarkan lebih lanjut tentang ekonomi, nyempit2in lapak kerja orang ekonomi/IPS aja sih lo!!!
Ane IPS ya gan
Menurut ane ipa ips sma aja
Tergantung kepribadian
Kita liat kalo agan pnya cita2 berhubungan sama ipa, harusnya dri kelas X udah bener2 serius ngejar ipas jadi bisa tenang masuk ipa
Tapi kalo cita2 agan di ips agan usaha buat masuk ips
Ane nyimpulin, banyak anak ipa MURTAD ke ips gan pas kuliah
Kenapa? Karena sulitnya masuk kesana & mereka nyadar kalo mereka udah gak sanggup di ipa pas SMA knapa harus jurusan ipa juga di kuliah itu sama aja nyari mati

Makanya ips lebih banyak peminat dan kita sebagai orang ips harus bisa buktiin "masuk IPS bukan berarti masa depan suram, masuk IPA bisa berarti masa depan suram"
So keluarga agan cuma tau pandangan ipa itu bagus, tapi belon tau ips tuh cemerlang di masa depannya kayak gimana
Kalo bisa taro depan ya ganMasuk IPS gak salah koq, temen ane waktu SMA ada yang masuk IPS dan dia pinter lho! Rajin dan bertanggung jawab! Alasan kenapa dia mau masuk IPS? Karena dia ingin dapet beasiswa di BCA, kuliahnya sama sekali gak bayar sampe dia lulus sekarang. Dan dia langsung kerja di BCA setelah dia lulus.

Jadi menurut ane, masuk IPA dan IPS itu tergantung pribadi lu sendiri. Ada koq temen IPA ane yang sekarang hidupnya gak jelas. Kuliah cuma maen-maen dan ngabisin uang orang tua doank.

Kalau misalnya ada yang nanya kenapa lu masuk IPS? Coba lu terangin cita-cita lu 5 tahun ke depan mau jadi apa dan mau gimana untuk dapetin cita-cita lu itu. Buktikan ke orang itu bahwa lu berada di jalan yang benar. Good luck.gini loh gan.. sebenarnya ilmu pelajaran sosial itu lebih sulit daripada ilmu pelajaran alam. knp? soalnya ilmu pelajaran sosial terus berkembang seiring peradaban manusia. Akhirnya muncul teori-teori baru (ilmu sosial terus berkembang). Sedangkan ilmu alam itu bersifat lebih statis. karena ilmu alam berkembang tidak secepat ilmu sosial gan..
ilmu sosial juga sering digunakan dlm kehidupan sehari2, menyelesaikan konflik, dsb

jadi buat agan2 yg masih sma, ga usah malu masuk jurusan IPS dan kalian harus bannga masuk jurusan IPS karena sebagian orang penting di negeri ini adalah JUSRUSAN IPS. ok2
HAHAHA sekian dulu deh hegz he

1 komentar:

  1. ˚◦°•Ħmmmmm...(―˛―“) setuju bangettt,gua suka gaya lo men,semua yg lu tulis sama bngt kaya kata ayah gua,ayah gua marah mulu kalo ada temen gua yg beda bedain ipa sama ips..bedanya keluarga gua ngedukung banget gua di ips..good lucklah sob,kita pasti bisa nunjukin kalo ips hebat

    BalasHapus